Author Guidelines

Panduan Penulisan Jurnal IlKes Karya Husada

Jurnal IlKes Karya Husada menerima naskah abstrak dan artikel penuh (fullpaper) hasil penelitian disemua cabang kesehatan dan topik yang berhubungan dengan keilmuan bidang kesehatan. Setiap naskah yang dikirimkan akan dikaji oleh Scientific Committee Jurnal IlKes Karya Husada, baik dalam aspek format,bahasa, substansi dan metodologi, yang akan memutuskan kelayakan naskah tersebut untuk dipublikasikan dalam jurnal. Kepatuhan terhadap ketentuan ini akan memperbesar kemungkinan naskah untuk diterima. Abstrak dan artikel penuh (fullpaper) yang lolos dari kajian Scientific Commiteee Jurnal IlKes Karya Husada akan diberi alokasi waktu direvisi terlebih dahulu jika ada yang dirasakan perlu perbaikan. 

Aturan Umum

  1. Naskah abstrak dan artikel penuh (fullpaper) hasil penelitian yang dikirimkan harus asli (tidak ada toleransi bagi plagiarisme). Jadi peneliti harus menggunakan hasil penelitian milik sendiri, bukan hasil penelitian orang lain Naskah tersebut tidak pernah diterbitkan pada jurnal nasional maupun internasional lain sebelumnya.
  2. Dewan penyunting berhak mengedit naskah yang masuk untuk kesamaan format tanpa mengubah substansi
  3. Naskah bisa disubmit online ke web dan dikirim email ke : ilkeskh@gmail.com
  4. Naskah diketik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan bahasa akademik

Penulis utama harus menyertakan dibawah judul naskah abstrak dan artikel penuh penelitian informasi penting sebagai berikut :

  1. Nama lengkap semua peneliti (perlu dicatat, hanya peneliti yang memberikan kontribusi nyata dalam penelitian tersebut yang namanya boleh dicantumkan)
  2. Nama lengkap peneliti/penulis utama
  3. Nama dan alamat lengkap institusi tempat bekerja
  4. Nomer telepon dan alamat e-mail pribadi penulis utama yang bisa dihubungi dan institusi.

Keterkaitan sponsor atau kemungkinan konflik kepentingan harus di beritahukan diakhir batang tubuh naskah artikel penuh penelitian.

Semua naskah tulisan ilmiah ditulis dalam format Word document (doc), dengan jenis huruf dan angka Arial, ukuran huruf dan angka adalah 10 dan baris dalam teks berjarak 1.5 spasi. Batas halaman dari tepi kiri, kanan, bawah atas masing-masing3 cm. Tidak bolak-balik, jumlah halaman 12-15 halaman.

Kata asing ditulis miring (italic).Nama orang (misalnya, Drummond M) atau tempat asing (Oxford, UK) tidak ditulis miring. Kata serapan asing yang sudah di Indonesiakan (misalnya, aktivitas, efektivitas) tidak perlu ditulis miring.

Artikel Penuh

Artikel penuh (fullpaper) merupakan laporan hasil penelitian asli di semua cabang ilmu kesehatan dan topik yang berhubungan dengan keilmuan bidang kesehatan.Teks artikel penuh tidak boleh melebihi 4,500 kata. Teks naskah artikel penelitian dapat maksimum 8 tabel dan gambar (total). Artikel penelitian dibuat dalam 2 kolom.

Artikel yang diterima merupakan hasil studi analitik, baik eksperimental ataupun observasional. Jika merupakan studi eksperimental, hasil studi analitik kualitatif yang dilakukan dengan metodologi penelitian kualitatif yang baik.

Artikel penelitian harus ditulis dengan struktur sebagai berikut:

  1. Judul
  2. Abstrak
  3. Latar Belakang
  4. Metode Penelitian
  5. Hasil Penelitian
  6. Pembahasan
  7. Simpulan dan Saran
  8. Daftar Pustaka

JUDUL   : Ringkas dan jelas (tidak lebih dari 15 kata), huruf  kapital, Arial, font 14, rata kanan kiri.

Dibawah judul ditulis nama penulis termasuk penulis korespodensi. Bila penulis memiliki alamat yang berbeda, maka harus diberi tanda yang dapat membedakan (seperti 1 atau 2) dan masing-masing tanda diberi nama institusinya.

ABSTRAK

Abstrak merupakan ringkasan dari artikel penuh (fullpaper) laporan ilmiah hasil penelitian asli di semua cabang kesehatan dan topik yang berhubungan dengan keilmuan bidang kesehatan.

Peneliti mengirimkan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Panjang abstrak tidak melebihi 250 kata, disertai kata kunci maksimum 5 kata. Abstrak dibuat dalam 1 kolom Abstrak harus terstruktur sebagai berikut:

  1. Latar Belakang
  2. Metode
  3. Hasil dan Pembahasan
  4. Kesimpulan

Abstrak yang terstruktur penting untuk memastikan bahwa tidak ada informasi penting dari hasil penelitian yang dilewatkan peneliti.

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan  Indonesia dengan 3 sampai 5 kata kunci. Penulisan abstrak dalam 1 (satu) paragraf dengan jumlah  150-250 kata. Abstrak terdiri dari latar belakang masalah (1-2 kalimat), tujuan penelitian (1 kalimat), metode penelitian, hasil penelitian, analisis dan kesimpulan. Format tulisan article history kata kunci/keyword dan keterangan penerbit serta lisensi. Hurul Arial ukuran 9.

Latar Belakang : Bagian ini berisi latar belakang alasan yang kuat tentang mengapa melakukan penelitian itu untuk menjawab masalah/pertanyaan penelitian (research problem/question) yang dipilih.

Metode : Bagian ini berisi metodologi penelitian, meliputi desain studi, populasi penelitian, teknik sampling, sampel dan besar sampel (samplesize), variabel penelitian alat ukur (instrumen) variabel dan metode serta tehnik analisis yang digunakan.

Hasil : Bagian ini terbagi kedalam dua bagian. Bagian pertama menyajikan karakteristik data sampel (populasi studi), yakni sampel dari populasi, yang hubungan/pengaruh variabel ataupun perbedaan kelompok dianalisis. Deskripsi sampel (populasi studi) penting agar pembaca dapat menginterpretasikan dan menerapkan temuan penelitian dengan tepat, baik tentang hubungan variabel, efek sebuah variabel terhadap variabel lainnya ataupun perbedaan kelompok, jika memang ada.

Bagian kedua merupakan hasil analisis tentang hubungan/pengaruh variabel ataupun perbedaan kelompok. Hasil analisis perlu disertai interpretasi (penafsiran) yang benar. Interpretasi dalam bentuk kata-kata tidak boleh memberikan informasi yang sama (redundansi) dengan informasi dalam bentuk angka yang sudah jelas memiliki makna tanpa perlu kata-kata tambahan.

Pembahasan : Bagian ini berisi diskusi yang menghubungkan dan membandingkan hasil penelitian dengan teori yang diuji dan hasil-hasil penelitian lain sebelumnya. Bagian pembahasan diakhiri dengan menyebutkan keterbatasan penelitian.

Simpulan dan Saran : Simpulan memuat pernyataan singkat tentang hasil penelitian sesuai dengan tujuan dan hipotesis penelitian (jika ada). Saran berhubungan dengan pengembangan penelitian selanjutnya.

Sitasi

Kutipan/sitasi jurnal Ilkes menggunakan manajemen referensi (Mendeley, Zetaru) dengan style Vancouver. Minimal 15 referensi, 10 tahun terakhir dengan komposisi mayoritas dari jurnal (80% jurnal terbaru dan 20% dari referensi lain seperti buku, skripsi, tesis, disertasi, laporan, dan peraturan dengan aturan tahun masih relevan). Sumber yang bisa digunakan sebagai sitasi dan referensi adalah hasil penelitian asli maupun tulisan ilmiah lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal, dipresentasikan pada pertemuan ilmiah atau di-upload pada web. Buku, tesis dan disertasi dapat digunakan sebagai sumber referensi. Komunikasi lisan bukan referensi.

Contoh:

BUKU

Urutan penulisan : Penulis.  Tahun terbit.  Judul Buku (dicetak miring dan huruf kapital di awal kalimat kecuali nama kota/negara/singkatan/instansi). (nama editor, Ed./Eds.) bila ada (…. ed., Vol. …) edisi dan volume jika ada). Kota penerbit: Nama penerbit

Contoh :

Fletcher RH,Fletcher SW. 2005. Clinical epidemiology.The essentials. Edisi ke 4. Baltimore, MD : Lippincott Williams &Wilkins.

ARTIKEL JURNAL

Aturan penulisannya : Nama belakang, inisial nama depan dan tengah, tahun penerbitan, judul artikel (huruf kapital di awal kalimat kecuali nama kota/negara/singkatan/instansi), nama jurnal dengan dicetak miring, volume dan nomor jurnal (nomor jurnal dalam tanda kurung), nomor halaman artikel dalam jurnal. Alamat DOI (bila ada)

Contoh :

Topp, S. M., Chipukuma, J. M., Chiko, M. M., Matongo, E., Bolton-Moore, C., & Reid, S. 2013. Integrating HIV treatment with primary care outpatient services: opportunities and challenges from a scaled-up model in Zambia. Health Policy and Planning, 28(4), 347–357. https://doi.org/10.1093/heapol/czs065

Aturan Penulisan Statistik

Penting bagi peneliti (penulis) untuk mengikuti aturan pelaporan statistik hasil penelitian. Pada studi kuantitatif, suatu pernyataan atau interpretasi tentang temuan hubungan-hubungan variabel, efek sebuah variabe lterhadap variable lainnya atau perbedaan kelompok, harus didukung oleh ikhtisar statistik yang relevan, yang ditulis didalam kurung dibelakang pernyataan/interpretasi tersebut. Ketentuan cara melaporkan hasil uji statistik sebagai berikut. Gunakan titik, bukan koma, untuk menyatakan desimal. Statistik hasil analisis cukup ditulis hingga dua decimal dibelakang titik. Contoh, mean tekanan darah 125.70 mmHg.,SD40.55 mmHg. Statistik uji apapun disajikan dua decimal dibelakang titik. Contoh, X2=3.84, atau t=2.56, atauF=9.44.

Nilaip harus tuliskan hingga 3desimal dibelakang titik. Contoh, p=0.007atau p=0.020. Jika nilai p sesungguhnya 0.00003, tuliskan p<0.001.Tidak diperkenankan melaporkan hasil uji statistik sebagai berikut, p<0.05 ataupun p≥0.05.Tidak diperkenankan melaporkan hasil uji statistik Ho ditolak, atau Ho diterima.

Standar internasional yang berlaku sekarang, laporan tentang hubungan atau efek variable atau perbedaan kelompok, dilaporkan dalam bentuk estimasi titik dan estimasi interval. Pastikan Saudara melaporkan estimasi titik dan interval dengan Confidence Interval 95% (CI95) .Tuliskan diantara batas bawah dan batas atas dari rentang interval taksiran (CI95%) kata “hingga”, bukan kata penghubungan (-). Contoh : OR=5.65;CI95% 3.27 hingga7.05, bukan OR= 5.65;CI95% 3.27– 7.05.